Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar atau kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun atau taman sekolah, maupun jalan menuju ke sekolah.Fasilitas pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik.

Manajemen yang dimaksud meliputi:

  1. Perencanaan,
  2. Pengadaan,
  3. Inventarisasi,
  4. Penyimpanan,
  5. Penataan,
  6. Penggunaan,
  7. Pemeliharaan, dan
  8. Penghapusan.

Jadi, secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.fungsi dan Tujuan Sarana sekolah SMAN 2 Bekasi.

 B. Fungsi dan Tujuan Sarana dan Prasarana sekolah SMAN 2 BEKASI

Tujuan sarana dan prasarana di sekolah SMAN 2 BEKASI adalah untuk menunjang proses/ kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, baik itu proses pembelajaran maupun hal -hal yang berkaitan dengan kegitan guru, untuk itu diharapkan dengan adnya fasilitas sarana dan pprasarana ini sekolah SMAN 2 BEKASI menjadi sekolah yang dapat menunjang proses kegitan sekolah terutama proses kegitan pembelajaran sehari-hari, saat ini sekolah sudah memiliki sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap baik untuk menunjang proses pembelajaran maupun hal-hal yang lain.

 C. Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana Yang dimiliki sekolah SMAN 2 BEKASI

  1. Ruang Kelas

        Merupakan ruang dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses belajar dan pembelajaran(KBM), ruang kelas yaitu tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatanbelajar mengajar, dan juga ruang kelas merupakan hal yang sangat penting didalam dunia pendidikan tanpa ada ruang kelas maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan juga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara efektif dan efisien.

Adapun jumlah ruang kelas yang dimiliki SMAN 2 BEKASI yaitu :

  1. Ruang kelas X (IPA dan IPS)
  2. Ruang kelas XI (IPA, IPS dan BAHASA))
  3. Ruang kelas XII (IPA, IPS dan BAHASA)

2. Ruang perpustakaan

         yaitu tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dan dari sisnilah siswa dapat menambah pengetahua. Penyelenggaraan perpustakaan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan tujuan lainnya yaitu untuk menunjang kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, selain itu untuk menumbuhkan minat dan mengembangkanbakat siswa serta memantapkan strategi belajar mengajar secara operasional. Maka dari itu SMAN 2 BEKASI memiliki sebuah perpustakaan yang dapat menunjang proses penambahan pengetahuan siswa siswi secara mandari. Di perpustakaan ini siswa dapat meminjam dan membaca buku yang berhubungan dengan mata pelajaran yang dipelajari.

Tujuan atau sasaran utama perpustakaan SMAN 2 BEKASI bagi siswa yaitu:

  1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca bagi siswa-siswi SMAN 2 BEKASI
  2. Untuk membimbing dan mengarahkan siswa-siswi untuk belajar mandiri
  3. Membantu memperluas pengetahuan para siswa
  4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.

3. Ruang laboratorium

         (tempat praktek) tempat siswa mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilanserta tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep pengetahuan. Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode pratikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar di mana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

      Untuk itu SMAN 2 BEKASI mempunyai fungsi dan tujuan  laboratorium dalam proses pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji gejala-gejala alam.
  2. Mengembangkan keterampilan motorik siswa. Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
  3. Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakekat kebenaran ilmiah dari sesuatu objek dalam lingkungn alam dan sosial.
  4. Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah seseorang calon ilmuan.
  5. Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.
  6. Dengan adanya labor seperti labor komputer diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam mencari informasi yang berhubungan dengan mata pelajaran lain.

Adapun fasilitas laboratorium yang dimiliki SMAN 2 BEKASI adalah sebagai berikut:

  1. Laboratorium Komputer

Merupakan tempat dilakukannya praktek komputer bagi siswa, maka dari itu SMAN 2 BEKASI menyediakan fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajran, tidak hanya pembelajaran TIK siswa juga bisa mencari tugas yang berhubungan dengan mata pelajaran lain, karna SMAN 2 BEKASI juga sudah menyedikan layanan WIFI untuk siswa dan guru untuk mencari tugas yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. SMAN 2 BEKASI memiliki 3 labor komputer yang bisa digunakan siswa kapan saja untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

2. Laboratorium

Merupakan tempat dilakukan percobaaan sebuah penelitian yang berhubungan dengan pelajaran IPA, IPS dan Bahasa yang dilengkapi dengan alat-alat untuk menunjang proses dari percobaan tersebut, saat ini SMAN 2 BEKASI sudah memiliki labor IPA, IPS dan Bahasa yang dimana siswa langsung dapat melakukan percobaan penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran.

3. Ruang keterampilan/AULA

Tempat siswa melakukan latihan mengenai keterampilan tertentu, dan juga tempat untuk melasanak sebuah acara seperti acara perpisahan, rapat orang tua/wali murid, workshop. Dengan itu SMAN 2 BEKASI sudah memiliki sebuah AULA yang dapat menampung sebuah kegitan yang berhubungan dengan kegitan sekolah.

4. Fasilitas olaraga

Tempat berlangsunya latihan-latihan olaraga yang menunjang proses pembelaran penjaskes, oleh karna itu SMAN 2 BEKASI menyediaka fasilitas lapangan antara lain:

Lapangan basket

Lapangan tenis meja

Lapangan volley

Matras

5. Masjid dan Ruang Ibadah

Merupakan tempat ibadah umat islam, setiap sekolah yang mayoritas siswanya islam sudah menjadi kewajiban memiliki sebuah bangunan masjid, untuk mendukung kegiatan keagamaan siswa, untuk itu di indonesia rata-rata sekolah yang mayoritas islam suadah memiliki tempat ibadah seperti masjid, untuk itu SMAN 2 BEKASI suadah mempunyai bangunan masjid yang berguna bagi guru dan siswa untuk melakukan ibadah dan juga kegiatan lainya seperti kegiatan rohis siswa . SMAN 2 Bekasi juga menyediakan ruang khusus ibadah untuk kegiatan pembelajaran Agama Kristen.

6. Tempat kendaraan/ Parkiran

Merupakan hal yang perlu ada karna dengan adanya tempat parkiran kendaraan yang yang dibawa oleh siswa dan guru tersusun dengan rapih dan juga mencegah terjadinya hal kehilangan kendaraan, jadi SMAN 2 BEKASI juga telah membuat tempat parkiran yang luas bagi kendaraan yang masuk kedalam lingkungan sekolah.

7. Ruang koperasi/kantin

Saat sekarang ini sebagian besar sekolah yang ada diindonesia sudah memiliki ruang koperasi atau kantin yang dibiayai oleh pemerintah untuk dikelolah oleh pihak sekolah dalam menunjang proses belajar maupun yang non pembelajaran, dengan maksud mencegah terjadinya siswa berkeliaran di luar lingkungan sekolah, dan saat ini SMAN 2 BEKASI sudah memiliki ruang koperasi dan kantin yang dapat membantu siswa dalam hal memenuhi kebutuhan sekolah siswa.

8. Ruang tata usaha

Merupakan tempat proses administrasi kesiswaan, tata usaha mempunyai  peran yang penting didalam sebuah lembaga pendidikan sekolah, karna tanpa adanya ruang tata usaah maka proses administrasi siswa tidak akan berjalan efektif dan efisien, maka dari itu SMAN NAN SABARIS mempunya ruang tat usaha yang dapat mengolah proses administrasi siswa, sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.